Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) Dewan Perwakilan Kabupaten Sidoarjo mengandeng Tim Penggerak PKK Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo, memberikan Sosialisasi P4GN dalam pertemuan rutin di Kantor Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo, Minggu (15/9)

Kegiatan Rutin ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo, Ibu Yanti Heri yang juga sebagai Ibu Kepala Desa beserta jajaran  TP PKK RW .01 – RW.15 hadir kurang lebih 100 orang .
Maksud dan Tujuan diadakan Sosialisasi P4GN adalah untuk menekan penyalahgunaan narkoba dan mengantisipasi sejak dini di Desa Wage Kecamatan Taman. Hal ini terimplementasi tatkala GMDM DPK Sidoarjo bersama TP PKK Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo mengelar kegiatan komunikasi, Informasi dan Edukasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),  dengan sebagai pemateri Ketua Bakornas GMDM DPK Sidoarjo, Suwandi beserta jajaran Team Penyuluh Yayuk Sri Wahyuningsih .ST dan Rumei Judarton Sumanto.
” Kegiatan P4GN melalui media Konvesional kepada keluarga tersebut diharapkan dapat mencegah sejak dini penyalahgunaan narkoba, karena bagaimanapun upaya pencegahan paling depan dalam lingkungan terdekat yakni keluarga .Apalagi dalam beberapa kasus narkoba acapkali masuk dalam lingkaran setan , karena kurangnya perhatian keluarga yang mengantarkan mereka pada pergaulan yang salah. Peran orang tua khususnya Ibu sangatlah menentukan untuk keluarga, sekaligus mencegah anggota keluarganya terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba dan membentengi keluarga dari penyalahgunaan narkoba serta upaya pencegahan diri mesti dilakukan , seperti dengan menanamkan nilai-nilai positif kepada keluarga dengan kemampuan mengatasi masalah, kemampuan bersosialisasi, budaya hidup sehat, harga diri dan percaya diri dengan menumbuhkan kepribadian berkarakter, serta menyampaikan informasi tentang narkoba kepada Anak, suami dan keluarga.” papar Suwandi , ketua GMDM DPK Sidoarjo.

Session ke dua dipaparkan pemateri  Rumei Judarton Sumanto, sebagai relawan Anti Narkoba dan juga sekretaris GMDM DPW Kota Surabaya  , Pengenalan Jenis Narkoba, Bahaya dan dampaknya. Respon seluruh kader Tp PKK desa Wage Kecamatan  Taman Sidoarjo  sangat baik sekali, dan berharap bisa memberikan Sosialisasi P4GN di masing – masing RW. 01 – 15 Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo.
” Peran keluarga dalam P4GN yaitu menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, memahami kondisi psikologis anak, serta menjalin komunikasi antara orang tua dan anak, membekali anak dengan Iman dan Takwa, memberikan pengetahuan bahaya narkoba , mengajarkan tanggung Jawab kepada anak, serta adanya pegawasan aktif.” jelas Rumei.

” Seorang Ibu mempunyai peran yang cukup besar didalam keluarga , terlebih anak-anak yang sangat dekat dengan Ibu dibanding Ayah, peran itu sangat menentukan kehidupan keluarga. ” sambung yayuk , pemateri IPWL,   Rehabilitasi dan Modus operanding.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wage Kecamatan Taman Sidoarjo , Yanti Heri dalam sambutan akhir kepada 100 org kader TP PKK Ibu -Ibu desa Wage tersebut menyatakan dan menyadari peran Ibu dalam membangun karakter dan masa depan anak -anaknya, karena itu menjadi sebuah langkah yang tepat untuk mengedukasi pada para anak muda tentang bahaya narkoba.
” Saya sangat mengapresiasi kegiatan GMDM, yang telah mengingatkan para Ibu -ibu akan ancaman narkoba terhadap anak-anaknya. Ibu memegang peranan lebih besar dalam menjauhkan anak-anaknya dari narkoba.” sambut yanti Heri , ketua TP PKK dan sebagai Ibu lurah Desa  Wage Kecamatan Taman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *