Bandar narkoba kelas kakap di Port Moresby Papua Nugini, dinilai sangat tamak. Mereka membawa kokain dalam jumlah sangat banyak, padahal diangkut dengan pesawat ringan. Tanpa perlu menunggu lama, begitu lepas landas dari bandara dekat Port Moresby dengan tujuan Australia langsung jatuh.

“Apapun metode yang mereka gunakan, penegakan hukum terus berpacu memberantas secara maksimum atas usaha kriminal ini,” kata Ian.

tribunnews
Polisi menangkap geng narkoba di Melbourne, Australia pada Minggu (26/7/2020) (AFP)
tribunnews
Pesawat jenis Cessna yang mengangkut kokain melebihi kapasitas, sehingga jatuh (AFP)

Dia mengatakan barang haram itu bernilai sekitar 80 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun ketika jatuh pada Senin (27/7/2020). Ditambahkan, lima pria, semuanya yang diduga anggota sindikat kejahatan yang bermarkas di Melbourne telah ditangkap.

Dalam sebuah pernyataan, polisi Australia mengatakan geng itu telah di bawah pengawasan selama dua tahun. Pesawat ringan itu lepas landas dari Mareeba di Queensland Utara pada Minggu (26/7/2020). Pesawat terbang dengan ketinggian rendah untuk menghindari deteksi radar. Sebelum mendarat di lapangan terbang terpencil di Papa Lea Lea, utara Port Moresby.

Polisi mengatakan pesawat itu penuh dengan kokain untuk penerbangan kembali ke Australia. Bangkai pesawat ditemukan ditinggalkan dan kosong, tidak jauh dari lapangan terbang. Tetapi, kokain, dalam 28 kantong, bersama dengan sejumlah mata uang Australia disita oleh polisi Australia dan Papua Nugini. Pilot itu, seorang warga Australia menyerahkan diri ke Konsulat Australia di Papua Nugini pada Selasa (28/7/2020), tambah polisi.

Dia ditangkap dan didakwa melakukan pelanggaran imigrasi. Polisi mengatakan kelima pria itu memiliki hubungan dengan kejahatan terorganisir Italia. Mereka ditangkap di Queensland dan Victoria tak lama setelah pesawat terbang ke Papua Nugini. Jika terbukti bersalah, mereka menghadapi hukuman penjara seumur hidup.(*)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *