Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda Mencegah dan Mengobati (GMDM) untuk menangani kasus Narkoba. Hal itu dilakukan karena BNN tidak dapat bekerja sendiri serta terus membangun kerja sama dengan berbagai komponen masyarakat.

Perjanjian kerja sama dilakukan dalam rangka mendorong pelaksanaan bidang pemberantasan peredaran gelap Narkotika dan prekursor yang semakin marak ini diwakili oleh Arman Depari selaku Deputi Bidang Pemberantasan BNN dan Jefri Tommy Tambayong, selaku Ketua Umum GMDM.

“Saat ini BNN memang telah memiliki perwakilan di 34 provinsi, tetapi pada tingkat kabupaten dan kota belum semua dapat dijangkau. Oleh sebab itu peran masyarakat sangat diperlukan,” kata Arman, di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019). Adapun tiga poin penting yang menjadi ruang lingkup dalam kerja sama ini antara lain penyebarluasan informasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap Narkoba (P4GN), pemberian informasi terkait dengan adanya dugaan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di masyarakat, serta pemberian pendampingan terhadap para pengguna yang bermasalah dengan hukum.

“Penandatanganan kerja sama dengan LSM ini merupakan yang pertama bagi Deputi Bidang Pemberantasan. Saya berharap GMDM dapat menjadi organisasi sosial kemasyarakatan yang secara nyata membantu BNN dalam penanggulangan penyalahgunaan Narkoba,” ujar Arman

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *