BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo memastikan merekrut 1.000 kepesertaan baru dari Lintas Komunitas se-Jawa Timur. Lintas Komunitas ini gabungan dari komunitas GobackAe, UMKM, Ormas GMDM (Garda Mencegah Dan Mengobati) serta beberapa ormas lainnya.

Penambahan kepesertaan baru sektor Bukan Penerima Upah (BPU) ini langsung ditandai dengan proses pendaftaran, penyerahan kartu kepesertaan secara simbolis, dan sosialisasi program dan tata cara klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan ini berlangsung di BG Junction Mall Surabaya, Minggu (22/7/2018) siang. Hadir dalam acara ini di antaranya Ketua GMDM Jawa Timur, Agus Triwiyono, Direktur Operasional GobackAe, Siswanto, dan Koordinator UMKM Surabaya Bersinar, Yayuk Sri Wahyuningsih.

BACA JUGA :   BPJS Ketenagakerkaan Surabaya Karimunjawa Evaluasi Kinerja Perisai

Selain mereka, acara ini juga dihadiri sekitar 510 anggota berbagai komunitas. Mereka sangat antisias menyimak sosialisasi program dan tata cara klaim BPJS Ketenagakerjaan, terlebih saat diputarkan film-film video kecelakaan kerja dan sesie tanya jawab.

Mewakili Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, Poedji Santoso, Kabid Pemasaran Ferina Burhan mengatakan, kepesertaan baru ini menambah angka kepesertaan sektor BPU BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, yang saat ini sudah terealisir 9.000 dari 18.000 tenaga kerja aktif yang ditargetkan tahun ini.

Diutarakan, BPJS Ketenagakerjaan selaku lembaga negara mendapat amanat pemerintah untuk memberi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pada seluruh pekerja Indonesia, baik pekerja formal (Penerima Upah/PU) maupun pekerja informak (BPU), terlebih driver online GobackAe yang rentan kecelakaan kerja.

Dengan asumsi pendapatan ojek online Rp 1.000.000,- per bulan, para driver GobackAe diikutsertakan dalam program wajib Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran Rp 16.800,- per bulan, serta bisa menambah program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan tambahan iuran Rp 20.000,- sehingga jadi Rp 36.800,- per bulan.

Menurut Dirops GobackAe, Siswanto, ojek online GobackAe ini merupakan karya anak bangsa. Bisnis jasa transpotasi berbasis aplikasi ini hadir untuk memberikan kemudahan akses bagi pengguna jasa dalam memesan ojek, taxi, pengiriman barang, pemesanan makanan, bekerja serta rental.

“Kendati saat ini masih dalam tahap pralaunching, GobackAe sudah membukukan sekitar 2.000 mitra/driver,” kata Siswanto sembari mebambahkan GobackAe akan dilaunching pada Agustus mendatang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *