Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung bersama lintas sektoral sedang menggalakkan Gerakan Masyarakat Desa Membangun (GMDM). Untuk penerapan agar terciptanya masyarakat yang mandiri dengan derajat kualitas hidup sehat, diadopsilah langkah-langkah yang diterapkan Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, dalam penerapan gerakan ini.

Kepala Dinas kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan akan mengintegrasikan program ini di desa-desa yang ada di wilayah Babel. Langkah yang akan dilakukan, dimulai dengan sosialisasi ke lintas sektoral maupun pemaparan materi apa saja rancangan yang akan dilakukan. Setelah itu, pihaknya bersama semua lini akan bertekad menjalankan program ini.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung program pemerintah yakni kemandirian di desa dan ada perubahan perilakh sehat yang ditonjolkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Imam Wahyudi, mengapresiasi langkah pemerintah Provinsi Bangka belitung, dalam menerapkan program GMDM. Imam mengatakan, saat ini di Kabupaten Bojonegoro, kualitas hidup masyarakat semakin meningkat, khususnya pada saat program desa siaga digalakkan oleh pemerintah setempat. Sehingga, dirinya berharap Babel dapat menjalankan program ini untuk dapat menjadikan masyarakat mandiri dan sejahtera bahagia.

“Babel ini termasuk yang berani menerapkan program ini. Sebab untuk mengatur masyarakat di satu provinsi itu tidaklah mudah. Tantangan bagi Bangka belitung menjalankan kegiatan ini, untuk terus menciptakan kemandirian dalam masyarakat dan meningkatkan kuakitas hidup.” kata Imam.

Dikatakannya hal yang penting dilakukan dalam program ini ketika sudah berjalan, tetap dilakukan monitoring dan evaluasi. Sehingga kekurangan maupun hal-hal yang belum terpenuhi dapat segera teratasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *