Tim  Dewan pengurus kota Bakornas Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) Karawang memberikan Penyuluhan Hukum & Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di SMA 1 Negeri Karawang, Jumat (9/8).

Penyuluhan itu menitik beratkan penggunaan obat secara rasional dan bahaya penyalahgunaan bagi kesehatan tubuh. Narkoba penghancur masa depan generasi muda.

”Tujuannya juga untuk memberikan pemahaman risiko kesehatan apabila menyalahgunakan obat-obatan. Drug abuse atau penyalahgunaan obat dapat terjadi ketika seseorang tidak dapat mengontrol penggunaan obat yang telah diresepkan. Atau menggunakan zat lain baik yang legal maupun ilegal sehingga dapat mengganggu kemampuan dan fungsi tubuh,” tutur Ketua DPK Karawang,  Eben Ezer M. Sinaga, SE. MBA. ditemui di sesela forum tersebut.

Acara itu turut dihadiri para guru dan murid-murid.

Maraknya penyalahgunaan obat dikalangan pelajar sudah sangat memprihatinkan.

Emosi Labil

Dikatakan siswa sekolah yang notabene berusia remaja emosinya labil. Mereka mudah dipengaruhi menggunakan narkoba dan melakukan seks bebas.

Melalui forum itu pula disampaikan tentang efek pemakaian obat yang keliru. Misalnya membuat orang kecanduan, halusinasi hingga kehilangan akal.

Dampak ini  lantaran narkoba mempengaruhi sistem syaraf pusat sehingga menyebabkan ketergantungan, sakau bahkan gangguan jiwa. Pecandu juga akan rawan risiko mengidap HIV/AIDS.

Eben Ezer menambahkan kondisi itu akan diperparah dengan ancaman seks bebas. Hubungan bebas timbul karena salah pergaulan. Selain dapat menyebabkan kehamilan di luar nikah maka paling parah adalah mengalami infeksi menular seksual seperti gonorrhea dan sipilis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *