Selamat siang, terima kasih telah bertanya di GMDM. SKBN atau Surat Keterangan Bebas Narkoba adalah surat yang dibuat sebagai bukti bahwa tidak ada jejak narkoba dalam tubuh seseorang. Surat ini dikeluarkan setelah seseorang menjalani uji lab narkoba, dan biasanya dipergunakan sebagai persyaratan masuk ke perguruan tinggi, melamar kerja, beasiswa atau lain sebagainya.

Mengenai pertanyaan Anda, pada dasarnya tidak demikian. Bisa dikatakan hampir semua pusat pelayanan kesehatan yang bisa melakukan tes narkoba bisa mengeluarkan surat tersebut. Bahkan sebagian puskesmas bisa membuatnya dan banyak juga calon pelamar kerja atau calon mahasiswa yang meminta ke puskesmas. Namun yang perlu Anda ingat lagi adalah bukan masalah siapa yang bisa mengeluarkannya, tapi tergantung lagi dari kebutuhan institusi yang membuat persyaratan tersebut. Jika mereka mensyaratkan bahwa surat bebas narkoba yang diterima hanya yang dibuat oleh rumah sakit pemerintah, terlepas dari apapun alasannya, maka meskipun instansi selain RS pemerintah bisa mengeluarkannya, mereka punya hak untuk menolaknya karena sudah tertera jelas di peraturan mereka.

Maka dari itu saran kami, periksa lagi aturannya, dan lihat apakah disebutkan secara spesifik dibutuhkan SKBN yang dikeluarkan RS pemerintah atau tidak. Akan lebih baik bila Anda juga mencari informasi ke sesama pelamar, atau jauh lebih bagus lagi bila Anda bertanya langsung dengan menelpon ke bagian administrasi yang terkait, SKBN seperti apa yang mereka minta. Anda akan mendapat jawaban yang lebih pasti, dan sesuai kebutuhan Anda. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *