Kasus peredaran narkoba dalam bentuk jajanan anak-anak masih tersebar. Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkapkan peredaran narkoba dalam kemasan permen jelly. Kepala BNN Komjen Heru Winarko mengatakan permen jelly itu mengandung tetrahidrokanabinol atau senyawa utama dari ganja. BNN menciduk seorang pria di Jakarta Pusat karena kedapatan memesan permen Helmy dari Inggris yang mengandung narkoba.

“Tersangka pria berinisial AH kita amankan tanggal 20 Juli 2020 di daerah Batu Ceper, Jakarta Pusat. Gumpalan seberat 60,34 gram ini dikirim dari Inggris,” kata Heru di kantor BNN, Jakarta Timur, Kamis (30/7/2020). Tampilannya seperti jajanan anak berwarna cerah. Permen jelly tersebut begitu memikat karena warnanya beragam seperti merah, hijau, dan biru. Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menuturkan kandungnya tetrahidrokanabinol bakal diserap tubuh saat permen lumer di mulut.

“Ini perlu kita waspada karena ternyata narkotika itu juga bisa diubah bentuk-bentuk permen yang sangat menarik,” ujar Arman. Meski tersangka pemesan permen jelly dari Inggris itu mengaku untuk konsumsi sendiri, kasus ini harus dimaknai sebagai antisipasi. BNN meminta para orangtua mengawasi jajanan yang dibeli anak-anak agar tak sampai mengkonsumsi jajanan mengandung narkoba.

“Menjadi perhatian kita bersama untuk mengawasi konsumsi dan jajan anak-anak kita di tempat umum, di sekolah atau di tempat-tempat yang lain,” tuturnya. Perlu diketahui, kasus narkoba yang dikemas dalam bentuk jajanan anak ini tak hanya ditemukan sekali.

tribunnews
()
Permen Karet (Willa widiana) (bobo.grid.id)

Arman menyebut kasus permen jelly mengandung tetrahidrokanabinol menandakan kecanggihan laboratorium milik para gembong. “Supaya kita paham betul yg dikonsumsi itu aman untuk kesehatan terutama bukan terbuat dari bahan yang mengandung narkotika,” lanjut Arman.

Artis Terjerat Narkoba 2020

1. Lucinta Luna

Kasus penyalahgunaan narkoba yang cukup menyita perhatian publik adalah penangkapan Lucinta Luna. Lucinta ditangkap di apartemennya di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, pada 11 Februari 2020. Artis transgender ini terbukti memakai narkoba jenis Benzo.

2. Farhan Aulia

Kasus narkoba berikutnya dialami oleh pemain sinetron Anak langit, Aulia Farhan.Artis yang juga dikenal dengan nama Farhan Petterson ini ditangkap Direktorat Reserse narkoba Polda Metro Jaya pada 20 Februari 2020. Aulia  Farhan ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Selatan sesaat setelah menerima pesanan narkoba dari seseorang berinisial G.

Penangkapan tersebut dilakukan karena ada informasi dari masyarakat tentang adanya transaksi narkoba.

tribunnews
()Aulia Farhan atau dikenal dengan nama Farhan Petterson ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba (Dokumentasi Polda Metro Jaya)

3. Vitalia Sesha

Model majalah dewasa ini ditangkap di sebuah apartemen pada 24 Februari 2020 bersama kekasihnya berinisial AW. Vitalia terbukti positif menggunakan narkoba setelah menjalani tes urine. Adapun barang bukti yang diamankan polisi berupa ekstasi, Happy Five, dan sabu-sabu. Ini bukanlah kali pertama artis seksi ini terjerat kasus narkoba, Vitalia juga sempat diamankan pada 2015 silam.

4. Tio Pakusadewo

Untuk kesekian kalinya, aktor kondang Tio Pakusadewo kembali terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Tio kembali ditangkap polisi pada 14 April 2020 bersama satu paket ganja dan alat isap atau bong.

tribunnews
()Tio Pakusadewo (Warta Kota)

5. Naufal Samudra

Berikutnya adalah aktor muda dan pemain FTV, Naufal Samudra. Artis yang baru berusia 21 tahun ini ditangkap oleh pihak berwajib atas dugaan penyalahgunaan narkoba. Ia ditangkap pada 13 April 2020 atas kepemilikan ganja sintetis liquid.

6. Roy Kiyoshi

Dari hasil tes urine, Roy Kiyoshi positif menggunakan benzodiazepine atau biasa disebut Benzo. Sebelumnya, Roy ditangkap pada 6 Mei 2020 atas dugaan penyalahgunaan psikotropika. Roy yang merupakan seorang indigo juga pernah meramal artis 2020 yang akan terjerat narkoba hingga akhirnya ia pun ikut tertangkap.

7. Dwi Sasono

Terbaru, aktor kondang Dwi Sasono juga terjerat kasus narkoba jenis ganja. Kabar tak sedap ditangkapnya Dwi beredar setelah pihak kepolisian menggelar jumpa pers pada Senin (1/6/2020). Namun, berdasarkan keterangan polisi, Dwi Sasono telah diamankan sejak 26 Mei 2020.

8. Ridho Illahi

Satresnarkoba Polres Jakarta Barat menangkap pemain sinetron Ridho Illahi terkait kasus dugaan narkoba.Hal itu dibenarkan oleh Kasatnarkoba Polres Jakarta Barat, Kompol Ronaldo Siregar saat dikonfirmasi. Kendati demikian, Ronaldo belum bisa menjelaskan lebih lanjut penangkapan Ridho Illahi. Ronaldo mengatakan, Ridho Illahi ditangkap di kediamannya di kawasan Cibubur pada Sabtu (27/6/2020).

9. Catherine Wilson

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap artis peran Catherine Wilson terkait kasus dugaan narkoba. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus membenarkan hal tersebut. Saat penggeledahan, Yusri mengatakan pihaknya menemukan dua paket kecil yang diduga sabu-sabu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *